Type Here to Get Search Results !

Misteri Nama Awal Minangkabau


Bepe Media - Akhir-akhir ini nama Minanga Tamwan kembali mencuat, Prof Poerbatjaraka pernah "memprediksi" bahwa nama Minangkabau berasal dari bahasa Sansakerta yaitu "Minanga Tamwan". Prediksi itu ternyata masih digunakan oleh para Ahli Arkeolog lain yang tertuang dalam buku "50 TAHUN LEMBAGA PURBAKALA DAN PENINGGALAN NASIONAL". 


Maka jika dikaji dengan sumber-sumber lainnya etimologi nama Minangkabau sendiri masih simpang siur, ada yang mengatakan dadi Manang Bakabau menjadi Minangkabau, bahkan Cucu/Ahli Waris Minangkabau justru berpendapat nama Minangkabau berasal dari bahasa Arab yaitu "Al Mukminan Ka Nabawiyah".


Sementara ahli bahasa terkemuka Van Der Tuuk yakin bahwasanya etimologi Minangkabau berasal dari kata " Pinangkabo". Dimana Van Der Tuuk menemukan dari naskah tulisan Batak Mandailing yang menuliskan nama Pinangkabo untuk menyebut nama wilayah geografis tetangganyatetangganya yaitu Minangkabau. 


Sehingga nama yang dikenal oleh masyarakat Batak dahulu adalah Pinangkabo bukan Minangkabau. Maka apakah Pinangkabo adalah Minanga Tamwan? 

Bagaiamana menurut anda?

Sumber:
"Van Der Tuuk H.N. , A GRAMMAR OF TOBA BATAK"
"50 TAHUN LEMBAGA PURBAKALA DAN PENINGGALAN NASIONAL"










Komentar:


Promo



 


Kunjungi Juga: