Type Here to Get Search Results !

Pesona Wisata Toba Balige, Sumut Yg Patut Anda Kunjungi


Oleh: Boy Paskand (Putra Figur)


Balige, Sumut - Perjalanan saya sampai pada sebuah kota kecil yg berada di pinggir danau Toba, yaitu balige. Kota sederhana yg menyimpan banyak pesona dan daya tarik wisata.

Saya juga mengucapkan banyak terimaksih pada Mintuo Deli Marni, Seorang pengusaha kuliner khas minang di kota ini.

Baca Juga:

Kota Balige yang ada di Sumatera Utara memang belum terlalu terkenal di kalangan wisatawan jika dibandingkan dengan berbagai kota yang lainnya. Padahal, kota tersebut mempunyai berbagai destinasi wisata yang cantik dan sangat sayang apabila tidak Anda kunjungi. Beraneka ragam wisata di sana dijamin akan menawarkan pengalaman baru yang menyenangkan.

Balige sendiri berada tepat di Kabupaten Toba Samosir. Untuk lokasinya tersebut bisa ditempuh dari Kota Parapat selama 2 jam saja. Posisinya terletak di ujung dari Danau Toba ini membuatnya menyuguhkan panorama alam yang indah berupa pegunungan dan juga penampakan danau yang mempesona dan luar biasa.

Bisa di katakan Sebenarnya, Balige adalah destinasi yang bersejarah, di sinilah awalnya Belanda melawan Batak. Dikarenakan letaknya masih sama dengan kawasan Danau Toba, maka tidak heran apabila kota ini menjadi salah satu tujuan wisata yang tergolong atraktif. Berikut rekomendasi objek wisata di Balige yang menarik untuk dikunjungi.

Apa saja destinasi wisata menarik yg bisa anda kunjungi disini?, berikut akan saya kasih info untuk anda..


1. BUKIT TARABUNGA


Anda yang suka melihat pematang sawah dapat berkunjung ke sana. Di tempat tersebut ada sawah yang bertingkat yang indah layaknya di Ubud Bali. Tentu saja spot tersebut dapat Anda jadikan sebagai latar belakang foto. Bukit tersebut juga menyuguhkan panorama Danu Toba. Anda dapat berkunjung di pagi maupun sore hari supaya memperoleh foto yang bagus.

Di Balige dapat membuat Anda menemukan tempat wisata unik yang diberi nama Bukit Tarabunga ini. Sangat sayang apabila Anda tidak mencoba untuk berkunjung ke sana. Jaraknya hanya sekitar 5 km dari pusat kota, bukit tersebut menjadi salah satu spot yang terbaik.


2. DESA MEAT


Marilah mengunjungi Desa Meat yang menjadi tempat titik terendah dari Danau Toba. Lokasinya sendiri berada di Kecamatan Tampahan, Kabupaten Tobasa. Dari Kota Balige saja hanya akan ditempuh dengan waktu selama 20 menit saja. Akan tetapi, Anda harus rela melalui jalanan terjal dan berbatu serta menukik untuk tiba di objek wisata populer tersebut.

Desa yang terdapat di pinggir pantai Danau Toba tersebut mempunyai panorama alam yang menakjubkan. Terdapat hamparan persawahan sampai cantiknya pegunungan yang menjual tinggi serta pantai yang indah. Ini adalah surganya untuk para pemancing sebab kebanyakan ikan yang didapatkan di sana memiliki ukuran yang besar.


3. PANTAI LUMBAN


Lokasinya ada di Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Pantai yang indah tersebut masih masuk ke dalam kawasan Desa Lumban Silintong. Untuk bisa tiba di sana, Anda dapat memilih via jalur darat maupun laut. Anda dapat menaiki transportasi darat selama enam jam untuk tiba di sana.

Akan tetapi, bisa pula dengan menaiki pesawat menuju ke Siborong borong yang ada di Kabupaten Taput yang akan memakan waktu sekitar setengah jam saja. Berlibur di Pantai Lumban memang cukup menarik dikarenakan Anda dapat berenang dengan sepuasnya dan menikmati keindahan alamnya.

Baca juga:

Terdapat juga kuliner yang dapat Anda cicipi di sepanjang pinggiran pantai, seperti ikan bakar serta sambalnya yang nikmat. Wisatawan dapat menikmati panorama pantai serta sejuknya angin yang semilir. Selain itu, jangan lewatkan untuk berfoto dengan latar belakang alam yang cantik.


4.PANTAI SAMOSIR


Berkunjung ke Provinsi Sumatera Utara tidak lengkap rasanya tanpa mampir ke Samosir. Pulau yang terpisah dengan daratan Sumatera tersebut lokasinya ada di tengah Danau Toba. Wisatawan dapat menikmati pemandangan gunung serta destinasi wisata budaya yang terdapat di sana.

Silahkan menuju ke pulau tersebut saat pagi hari dengan menaiki kapal feri. Apabila Anda mengendarai mobil, dapat pula menaiki feri tetapi khusus untuk yang kendaraan roda 4. Anda dapat berkeliling di Samosir dengan menyewa motor.


5. MAKAM SISINGAMARAJA XII


Terletak di Soposurung Balige, ternyata makam Sisingamangaraja XII tersebut sudah terkenal sebagai destinasi wisata. Di dalam kompleks pemakaman tersebut juga ada makam dari putri raja Si Boru Lopian beserta anaknya yakni Patuan Anggi dan Patuan Nagari. Selain itu, di sana juga terdapat museum dan perpustakaan yang isinya tentang biografi Sisingamangaraja.

Makam Sisingamangaraja tersebut memiliki bentuk persegi empat yang ukurannya 3×4 m. Makam yang unik ini dilengkapi dengan prasasti yang menjelaskan bahwa di sanalah Raja Sisingamangaraja XII dimakamkan. Wisatawan akan melalui gapura yang kecil sebelum menemui makam itu.

6. PASAR ONAN BALIGE


Apabila Anda ingin berbelanja ataupun sekadar kenal dengan pasar Balige, maaka wajib datang ke sini. Pasar Tradisional Onan Balige tersebut selalu menarik untuk dikunjungi. Pasalnya, bangunan yang ada di pasar tersebut memiliki arsitektur yang unik.

Sebagai destinasi wisata belanja, pasar tersebut menjadi tempat yang penuh sejarah. Dibangun pada zaman penjajahan Belanda di tahun 1936 silam, sampai sekarang ini bangunannya masih kokoh sekali. Terdapat enam deret bangunan dengan bentuk rumah adat Batak.

7. PAHODA

Nikmati pemandangan sunrise di Pahoda. Panorama sinar matahari yang membias melewati sir Danau Toba hingga menuju ke bukit, sehingga indahnya sangat luar biasa. Apalagi, ketika cuaca sedang cerah, maka kecantikan langit birunya akan semakin membuat destinasi ini tidak terlupakan.

Tempat populer ini telah ada sejak tahun 1970 an silam. Dahulu, lokasinya terbilang sepi tetapi sekarang telah ramai dengan wisatawan. Pahoda ini pun menjadi tempat andalan masyarakat karena pesona alam yang dimilikinya.

Nah.. itulah 7 tempat wisata menarik yg bisa anda kunjungi di balige Sumatra utara. Selamat berlibur ya.., wassallam..

Foto: koleksi Pribadi Dan Gmaps




Tinggalkan Komentar Anda:


Promo



 


Kunjungi Juga: