Type Here to Get Search Results !

Latar Belakang Dari Novel 'Macan Bumi Andalas'


Macan bumi andalas adalah sebuah novel yg berlatar belakang dari perang paderi yg pernah mengguncang bumi minang. Walau perang berkecamuk di bagian timur ranah minang, akan tetapi ikut menyulut perang-perang kecil di bagian barat rantau minang, bagian pesisir pulau sumatera tengah, yakni ke ranah pariaman.

Cerita dari karya Boy paskand ini juga sudah di jadikan konten dalam bentuk film pendek dengan judul berbeda oleh antoni gestu menjadi sebuah film pendek berbahasa minang yg di bintangi oleh ardi suhardi dan di muat di chanel 'gentara chanel' di youtube.


Latar cerita ini memang banyak berlatar belakang di pariaman, ketika bias-bias perang paderi berkecamuk hingga kerantau minang. Di mana di pariaman banyak berdiri perguruan-perguruan silat berbagai aliran ketika itu. Beberapa sanggar perguruan silat ini dimanfaatkan belanda untuk di adu domba antara perguruan silat yg pro VOC dan pro pribumi.

Ada beberapa tempat dan wilayah di kab. Padang pariaman dalam novel ini di tuliskan detil, seperti nagari limpato 7 koto, sei sarik, padang alai, kampung dalam, dan nagari ulakan.

Meskipun banyak nama-nama wilayah di tuliskan, tapi 80% isi cerita ini hanya karangan penulis dan 20% nya di ambil dari sejarah yg pernah tergores ketika terjadi perang paderi di ranah minang.

Penasaran bagaimana cerita novel ini? Silahkan klik 'Baca Novel' di bawah untuk melanjutkan membacanya.

 

Tags


Promo



 


Kunjungi Juga: